Mengatasi Masalah Login Pop Up Authentication Required Pada Wordpress - Sakura Blogging
News Update
Loading...

Tuesday, October 22, 2019

Mengatasi Masalah Login Pop Up Authentication Required Pada Wordpress

Selamat malam.. Salam sejahtera untuk para pembaca setia blog saya. :)
Hari ini saya belajar sedikit bagaimana cara memakai salah satu CMS paling digemari oleh blogger seluruh dunia, yups, Wordpress. Sebuah platform blogger paling menarik yang menyediakan source code nya untuk dioprek secara bebas oleh si pengguna.

Penampakan dari Wordpress

Saat pertama kali menginstall wordpress, saya mendapatkan beberapa rekomendasi dari beberapa rekanan blogger saya, maklum 3 tahunan ngeblog ini saya hanya memakai platform bawaan Google yaitu blogger. Sehingga sekarang saya hendak belajar bagaimana wordpress bisa menguasai beberapa posisi teratas di search engine. Yup benar, jawabannya adalah karena wordpress sudah dioptimasi sedemikian rupa hingga ia dapat berdiri tegak dan umumnya menempati posisi halaman pertama.

Rekomendasi itu antara lain salah satunya adalah untuk menginstall plugin wp cache. Saya iyakan saja, padahal saya belum tahu betul apa fungsi dari WP Cache itu sendiri. Katanya sih bisa mempercepat loading blog, karena fitur cache nya, sehingga tidak memperberat kinerja di server. Saya menginstall salah satu plugin dari yang paling direkomendasikan, yaitu WP Rocket. 'Mending WP Rocket aja daripada yang lain, pake yang udah pasti - pasti aja' - begitulah bisikan dari rekan saya.

Sehari setelah install, saya tidak menemui kendala apapun, saya juga belum merasakan dari kehadiran si WP Cache itu sendiri. Toh, pakainya baru juga sehari. Besoknya, saya rada bingung ketika hendak login di WP-Admin. Kok tiba - tiba kayak gini

Authentication Required Wordpress
Saya berasumsi, bahwa penyebab dari munculnya pop up authentication required pada wordpress saya dikarenakan setelah memasang plugin WP Rocket.

Ini bukti bahwa .htacess saya sudah diubah oleh plugin tsb,

htaccess wordpress saya

but that's okay, nggak masalah. Saya langsung tanya pada pakarnya, siapa lagi kalo bukan Mr. stackoverflow tercintah hehe

Nggak ada 5 menit, saya langsung menyelesaikan masalah ini, dan si WP bekerja seperti semula.

Sekian,....

wait..

Kok?

Gimana caranya? wkwk

Nih saya langsung kasih tau saja.
1. Pertama, kalian login saja ke cPanel hosting, kemudian.. cari folder wordpress nya, kalo udah narohnya di root berarti perginya ke public_html
2. Cari file yang bernama .htaccess, kalo tidak ada bisa jadi itu masih dihidden oleh si file managernya.
3. Cara nampilin file dot (file kehidden), klik tombol settings di pojok kanan atas, kemudian centang bagian show hidden file di pop upnya. lihat gambar:
4. Oke, balik lagi, kao udah ketemu sama file bernama .htaccess, silahkan langsung edit,
dan tambahkan kode berikut line paling bawah:
<filesmatch "wp-login.php">
Satisfy Any
</filesmatch>
5. Simpan, dan coba buka kembali halaman wp-adminnya :D

Semoga bermanfaat!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done